Selasa, 11 Oktober 2011

FUNCTIONALISM

Dapat tugas dari dosen, awalnya n’g ngerti… susah banget, tapi setelah dikaji baik-baik akhirnya aku ngerti.
Semoga bermanfaat…..:-)
   Apa itu fungsionalisme?
Fungsionalisme dicetuskan oleh David Mitrany sekitar abad ke 20-an yang merupakan turunan dari liberalism. Fungsionalisme adalah pendekatan yang penting bagi institusi internasional sebagai sebuah “working peace system”. selanjutnya ada 2 garis besar yang dapat dipahami terkait dengan “woking peace system” yaitu :

-          Form follows fuction
Terdapat bebera proposi :
·         Bahwa kerjasama hanya akan terjadi apabila hanya focus pada kegiatan tertentu (spesifik) yang dilakukan oleh Negara.
·         Bentuk kerja sama harus disesuaikan sifat dan fungsinya sehingga sesuai dengan apa yang diperlukan.
-          Peace in parts
Menggambarkan harapan akan hasil kolektif dari masalah individual dalan kerjasama fungsional.
Kedaulatan Negara merupakan hal utama bagi power suatu  Negara. Dalam sebuah kerja sama internasional, institusi mewakili Negara . secara bertahap kekuatan-kekuatan tadi bergeser dari Negara ke organisasi fungsional. Jadi, kapasitas Negara untuk bertindak senakin berkurang.
Dalam kerangka kerja sama yang seperti ini, pendekatan fungsional dipercaya akan mampu untuk mengintegrasikan negara-negara yang tergabung dalam satu kawasan tertentu karena sifatnya yang saling menguntungkan satu-sama-lain dimana kerjasama bersifat nonpolitis.
Fungsionalisme adalah teori paling tua yang membahas integrasi, dimana ia membangun ‘perdamaian dengan potongan-potongan’ lewat organisasi transnasional yang fokus pada kedaulatan bersama ketimbang menyerahkan kedaulatan masing-masing negara pada sebuah institusi supranasional.Dengan kerjasama funsional akan mendorong komponen Negara untuk bergabung dalam badan-badan yang bersifat non-politis dan akan menguntungkan secara timbale balik sesuai dengan kepeentingan nasionalnya.
JADI, intinya funsionalisme berusaha untuk membuat negara saling bekerja sama dimulai dari hal-hal yang kecil misalnya masalah lingkungan, kesehatan, dsb sehingga negara dapat bekerjasama tanpa memikirkan lagi kepentingan nasionalnya dan terjadilah perdamaian.

1 komentar:

  1. The Casino, Hotel & Spa - Mapyro
    A detailed driving chart showing MGM Grand Hotel and Spa locations and hours 용인 출장마사지 of operation, 3131 Las Vegas Blvd. South, 부천 출장마사지 Las 시흥 출장마사지 Vegas, NV 논산 출장샵 89109. 서울특별 출장샵

    BalasHapus